7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

bugar Jul 10, 2024

Baking soda atau soda kue merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Namun, tahukah Anda bahwa baking soda memiliki banyak manfaat lain yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang? Berikut adalah tujuh manfaat baking soda yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Membersihkan gigi
Baking soda dapat digunakan sebagai pembersih gigi alami. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, kemudian gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi secara lembut. Baking soda dapat membantu menghilangkan plak dan noda pada gigi secara efektif.

2. Menghilangkan bau tidak sedap
Baking soda dapat digunakan sebagai penghilang bau tidak sedap pada berbagai permukaan, seperti dalam lemari, sepatu, atau bahkan di kulkas. Cukup letakkan baking soda dalam wadah terbuka dan biarkan mengabsorpsi bau tidak sedap selama beberapa jam atau semalam.

3. Meredakan gatal-gatal
Baking soda dapat membantu meredakan gatal-gatal pada kulit. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan oleskan pada area yang gatal. Baking soda dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit.

4. Menyegarkan napas
Baking soda dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk menyegarkan napas. Campurkan setengah sendok teh baking soda dengan segelas air hangat, kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur selama beberapa menit.

5. Mengatasi jerawat
Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan pasta tersebut mengering selama beberapa menit sebelum dibilas.

6. Menghilangkan noda pada pakaian
Baking soda dapat digunakan sebagai pembersih noda pada pakaian. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan oleskan pada noda. Gosok noda secara lembut dengan pasta baking soda sebelum mencucinya.

7. Mengatasi kelebihan minyak pada rambut
Baking soda dapat membantu mengatasi kelebihan minyak pada rambut. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan oleskan pada kulit kepala sebelum keramas. Baking soda dapat membantu menyerap kelebihan minyak pada rambut.

Itulah tujuh manfaat baking soda yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Dengan manfaat yang beragam ini, baking soda dapat menjadi bahan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menggunakan baking soda untuk berbagai kebutuhan Anda.