Ahli gizi anjurkan pemberian makanan sumber protein hewani pada anak

bugar May 31, 2024

Ahli gizi merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai nutrisi dan kesehatan tubuh. Mereka memiliki peran penting dalam memberikan anjuran mengenai pola makan yang sehat dan seimbang, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Salah satu hal yang sering menjadi perhatian para ahli gizi adalah asupan protein hewani pada anak. Protein hewani merupakan sumber protein yang berasal dari makhluk hidup, seperti daging, telur, susu, dan ikan. Protein hewani memiliki kandungan asam amino yang lengkap dan mudah diserap oleh tubuh, sehingga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ahli gizi menganjurkan pemberian makanan sumber protein hewani pada anak karena berbagai alasan. Pertama, protein hewani mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B12 yang penting untuk pembentukan sel-sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi saraf. Kedua, protein hewani juga mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun jaringan otot, tulang, dan organ-organ tubuh lainnya.

Selain itu, protein hewani juga dapat membantu anak-anak dalam mencapai berat badan yang ideal, mengurangi risiko kekurangan gizi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, pemberian protein hewani pada anak sebaiknya tetap diimbangi dengan konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat kompleks agar pola makan menjadi lebih seimbang.

Meskipun protein hewani memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak, namun tetap diperlukan pengaturan dalam pemberiannya. Orang tua perlu memperhatikan kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan sumber protein hewani yang diberikan kepada anak, serta memilih jenis daging yang rendah lemak dan mengolahnya dengan cara yang sehat, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.

Dengan memberikan makanan sumber protein hewani pada anak sesuai anjuran ahli gizi, diharapkan pertumbuhan dan perkembangan mereka akan optimal, serta dapat mencegah berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk selalu berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi dan anjuran yang tepat mengenai pola makan yang sehat bagi anak.