Ahli: Kandungan gizi daging nabati berbeda dengan daging hewan

bugar May 30, 2024

Daging nabati dan daging hewan merupakan dua sumber protein yang sangat penting bagi tubuh manusia. Namun, kandungan gizi dari kedua jenis daging ini ternyata berbeda. Menurut ahli gizi, daging nabati memiliki kandungan gizi yang lebih sehat dibandingkan dengan daging hewan.

Daging nabati, seperti tahu, tempe, dan seitan, merupakan sumber protein yang berasal dari tanaman. Kandungan protein dalam daging nabati tidak kalah dengan daging hewan, namun daging nabati cenderung lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, daging nabati juga mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi daging nabati sebagai alternatif sehat untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Dengan mengganti daging hewan dengan daging nabati, kita dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun daging nabati memiliki kandungan gizi yang lebih sehat, kita tetap perlu memperhatikan cara pengolahan dan pemilihan bahan baku yang tepat. Hindari pengolahan daging nabati dengan minyak goreng berlebihan atau bahan tambahan yang tidak sehat.

Daging nabati memang memiliki kandungan gizi yang berbeda dengan daging hewan, namun keduanya sama-sama penting untuk tubuh manusia. Kombinasi antara daging nabati dan daging hewan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang. Jadi, jangan ragu untuk mencoba variasi menu dengan daging nabati sebagai pilihan sehat untuk kesehatan tubuh Anda.