Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

bugar Jul 8, 2024

Ahli kesehatan merekomendasikan agar lansia banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka. Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan, memperkuat otot, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Seiring bertambahnya usia, tubuh lansia cenderung mengalami penurunan massa otot dan kekuatan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kelemahan, kerentanan terhadap penyakit, dan risiko jatuh yang lebih tinggi. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang kaya protein sangat penting bagi lansia untuk menjaga kekuatan otot dan kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa sumber protein yang baik untuk lansia antara lain daging tanpa lemak, ikan, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Selain itu, konsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian juga sangat dianjurkan karena mengandung serat dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Namun, perlu diingat bahwa lansia juga perlu memperhatikan asupan protein mereka agar tidak melebihi kebutuhan tubuh. Kelebihan protein dalam diet dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan ginjal dan osteoporosis. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mengetahui jumlah protein yang tepat untuk kebutuhan individu Anda.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein secara seimbang dan teratur, lansia dapat menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka. Selain itu, olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam juga dapat membantu memperkuat otot dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan Anda saat memasuki masa lanjut usia.