Angka penyakit jantung bawaan pada bayi di Indonesia masih tinggi

bugar Jun 3, 2024

Angka penyakit jantung bawaan pada bayi di Indonesia masih tinggi. Penyakit jantung bawaan merupakan kelainan yang terjadi pada struktur jantung sejak bayi dilahirkan. Penyakit ini dapat beragam jenisnya, mulai dari lubang pada dinding jantung hingga kelainan pada katup jantung.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, setiap tahunnya terdapat sekitar 20.000 bayi yang lahir dengan penyakit jantung bawaan. Hal ini merupakan angka yang cukup tinggi dan memerlukan perhatian serius dari pihak terkait, baik dari segi pencegahan maupun penanganan.

Penyebab penyakit jantung bawaan pada bayi sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari faktor genetik hingga faktor lingkungan. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan bayi terkena penyakit jantung bawaan antara lain adalah riwayat keluarga dengan penyakit jantung, ibu yang merokok atau mengkonsumsi alkohol selama kehamilan, serta faktor usia ibu yang terlalu muda atau terlalu tua.

Penanganan penyakit jantung bawaan pada bayi biasanya melibatkan tim medis yang terdiri dari dokter spesialis jantung anak, dokter bedah jantung, dan tim medis lainnya. Beberapa kasus mungkin memerlukan tindakan operasi untuk memperbaiki kelainan pada jantung bayi.

Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama kehamilan, seperti menghindari merokok dan alkohol, menjaga pola makan yang sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Selain itu, juga penting bagi pasangan yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum hamil.

Dengan upaya pencegahan dan penanganan yang tepat, diharapkan angka penyakit jantung bawaan pada bayi di Indonesia dapat terus ditekan. Kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting bagi kualitas hidup seseorang, termasuk bagi bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, peran serta semua pihak dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini sangatlah diperlukan. Semoga dengan upaya bersama, angka penyakit jantung bawaan pada bayi di Indonesia dapat terus menurun dan kesehatan jantung bayi-bayi kita terjaga dengan baik.