Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

kuliner Jul 10, 2024

Baking soda dan baking powder seringkali digunakan dalam resep-resep kue dan roti. Namun, meskipun keduanya sering disebut-sebut dalam dunia baking, sebenarnya ada perbedaan yang cukup besar antara keduanya.

Baking soda, atau yang juga dikenal sebagai soda kue, adalah bahan yang digunakan sebagai agen pengembang dalam adonan kue. Baking soda bekerja dengan cara menghasilkan gas karbon dioksida saat bereaksi dengan bahan asam, seperti cuka atau yogurt. Gas karbon dioksida ini kemudian akan membantu adonan kue atau roti mengembang dan menghasilkan tekstur yang ringan dan empuk.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara baking soda, asam, dan bahan pengisi lainnya seperti tepung jagung. Baking powder sudah mengandung asam di dalamnya, sehingga tidak memerlukan tambahan bahan asam lainnya untuk bereaksi. Baking powder dapat digunakan langsung dalam adonan kue atau roti tanpa perlu ditambahkan bahan asam tambahan.

Perbedaan utama antara baking soda dan baking powder terletak pada cara kerjanya. Baking soda memerlukan bahan asam tambahan untuk bereaksi, sementara baking powder sudah mengandung asam di dalamnya. Oleh karena itu, jika Anda mengganti baking soda dengan baking powder atau sebaliknya dalam sebuah resep, Anda perlu mengubah proporsi bahan-bahan lainnya dalam resep tersebut.

Selain itu, baking soda memiliki rasa yang sedikit asin, sehingga sebaiknya digunakan dalam jumlah yang tepat agar tidak memberikan rasa yang terlalu kuat pada kue atau roti. Sedangkan baking powder cenderung memberikan rasa yang netral, sehingga bisa digunakan dalam jumlah yang lebih besar tanpa membuat kue atau roti terlalu asin.

Jadi, meskipun keduanya sering digunakan sebagai agen pengembang dalam baking, baking soda dan baking powder memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam cara kerjanya. Penting untuk memahami perbedaan ini agar dapat menghasilkan kue atau roti yang sempurna sesuai dengan resep yang digunakan.