Beda urutan skincare pagi dengan malam

kecantikan Jul 5, 2024

Skincare merupakan langkah penting dalam merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik. Namun, tahukah kamu bahwa urutan penggunaan skincare pada pagi dan malam hari sebenarnya berbeda? Memahami perbedaan urutan skincare pagi dan malam sangat penting agar produk yang digunakan dapat bekerja secara optimal dan memberikan hasil yang maksimal.

Pagi dan malam memiliki kondisi kulit yang berbeda. Pada pagi hari, kulit cenderung lebih kering dan terpapar oleh sinar matahari serta polusi udara. Oleh karena itu, urutan skincare pagi harus difokuskan pada perlindungan kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Berikut adalah urutan skincare pagi yang disarankan:

1. Pembersih wajah: Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit selama tidur.
2. Toner: Gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit dan menyeimbangkan kadar air di kulit.
3. Serum: Gunakan serum yang mengandung antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga kelembapan kulit.
4. Pelembap: Gunakan pelembap dengan kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
5. Sunscreen: Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Sementara itu, pada malam hari, kulit cenderung lebih lembap dan melakukan proses regenerasi sel-sel kulit. Oleh karena itu, urutan skincare malam harus difokuskan pada pemulihan dan regenerasi kulit. Berikut adalah urutan skincare malam yang disarankan:

1. Pembersih wajah: Gunakan pembersih wajah untuk membersihkan sisa-sisa makeup dan kotoran di kulit.
2. Toner: Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit setelah membersihkan wajah.
3. Serum: Gunakan serum yang mengandung bahan aktif seperti retinol atau AHA untuk merangsang regenerasi sel-sel kulit.
4. Pelembap: Gunakan pelembap dengan kandungan yang dapat menyegarkan dan melembapkan kulit.
5. Masker: Gunakan masker sesuai kebutuhan kulit untuk memberikan nutrisi tambahan dan merawat kulit lebih dalam.

Dengan memahami perbedaan urutan skincare pagi dan malam, diharapkan kamu dapat merawat kulit wajah dengan lebih efektif dan mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa untuk selalu konsisten dalam menggunakan skincare dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Selamat merawat kulit wajah dan tetap cantik!