Biaya membuat paspor – ANTARA News

travel Jul 11, 2024

Biaya membuat paspor menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi warga negara Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada setiap warga negara yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Proses pembuatan paspor ini tidak hanya membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi juga memerlukan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemohon.

Pada tahun 2021, biaya pembuatan paspor di Indonesia adalah sebesar Rp 355.000 untuk paspor biasa dengan masa berlaku lima tahun. Namun, biaya tersebut bisa berbeda tergantung pada jenis paspor yang dibutuhkan, seperti paspor diplomatik atau paspor dinas. Selain biaya pembuatan paspor, pemohon juga perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp 55.000.

Biaya pembuatan paspor ini telah ditetapkan oleh Kementerian Luar Negeri dan telah mengalami penyesuaian dari waktu ke waktu. Biaya tersebut mencakup biaya cetak paspor, biaya administrasi, dan biaya lainnya yang diperlukan dalam proses pembuatan paspor. Selain itu, pemohon juga perlu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, seperti fotokopi KTP, surat keterangan dari RT/RW, dan formulir permohonan paspor.

Meskipun biaya pembuatan paspor tergolong cukup terjangkau, namun bagi sebagian masyarakat Indonesia biaya ini bisa menjadi beban tambahan yang perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu, penting bagi pemohon paspor untuk merencanakan dengan baik biaya yang diperlukan sebelum melakukan proses pembuatan paspor.

Dengan memiliki paspor, warga negara Indonesia dapat dengan mudah melakukan perjalanan ke luar negeri untuk berbagai keperluan, seperti liburan, studi, atau bisnis. Oleh karena itu, biaya pembuatan paspor dapat dianggap sebagai investasi untuk membuka peluang baru dalam menjalani kehidupan di luar negeri.