BPOM paparkan mekanisme pengawasan bahan halal dalam produk kosmetik

kecantikan May 29, 2024

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memaparkan mekanisme pengawasan bahan halal dalam produk kosmetik. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa produk kosmetik yang beredar di pasaran aman dan halal untuk digunakan oleh masyarakat.

Menurut BPOM, pengawasan bahan halal dalam produk kosmetik dilakukan melalui proses sertifikasi halal yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Proses sertifikasi halal ini melibatkan pemeriksaan terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam produk kosmetik, mulai dari bahan dasar hingga bahan tambahan.

BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk kosmetik yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI. Pengawasan dilakukan melalui uji laboratorium untuk memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan.

Selain itu, BPOM juga menghimbau kepada produsen kosmetik untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan terkait dengan penggunaan bahan halal dalam produk kosmetik. Produsen diharapkan untuk menggunakan bahan-bahan yang telah terdaftar dan diizinkan oleh BPOM serta LPPOM MUI.

Dengan adanya mekanisme pengawasan bahan halal dalam produk kosmetik yang dilakukan oleh BPOM, diharapkan masyarakat dapat lebih percaya dan yakin terhadap produk kosmetik yang mereka gunakan. Hal ini juga merupakan langkah yang penting dalam menjaga kesehatan dan keamanan konsumen dalam menggunakan produk kosmetik.