Budaya Tempe diajukan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO

kuliner May 31, 2024

Budaya tempe adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya akan sejarah dan tradisi. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dengan ragi tempe. Proses pembuatan tempe telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala.

Pada tahun 2021, budaya tempe berhasil diajukan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO oleh pemerintah Indonesia. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk melindungi, melestarikan, dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia yang kaya akan kearifan lokal.

Tempe memiliki nilai historis dan simbolis yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Makanan ini tidak hanya menjadi sumber protein yang penting bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga memiliki nilai filosofis yang dalam. Proses pembuatan tempe yang melibatkan fermentasi dan proses alami membuat tempe dianggap sebagai makanan yang sehat dan bergizi.

Selain itu, tempe juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Industri tempe telah menjadi sumber penghidupan bagi banyak petani kedelai dan produsen tempe di seluruh Indonesia. Dengan diakui sebagai warisan budaya tak benda UNESCO, diharapkan tempe akan semakin dikenal secara internasional dan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Melalui pengakuan ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat semakin bangga dan melestarikan budaya tempe sebagai bagian dari identitas budaya mereka. Dengan demikian, generasi mendatang dapat terus merasakan keberagaman budaya Indonesia yang kaya dan beragam. Semoga budaya tempe dapat terus berkembang dan menjadi warisan budaya yang terus dijaga dan dilestarikan oleh generasi-generasi mendatang.