Cara tepat merawat tas agar awet berdasarkan bahannya 

fashion Jun 13, 2024

Tas adalah salah satu aksesori fashion yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, untuk dapat mempertahankan kualitas tas agar tetap awet, perawatan yang tepat sangatlah penting. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam merawat tas adalah bahan dasar tas itu sendiri. Berikut adalah cara tepat merawat tas agar awet berdasarkan bahan dasarnya:

1. Kulit
Tas berbahan kulit merupakan jenis tas yang paling umum digunakan. Untuk merawat tas berbahan kulit, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk kulit. Hindari menyimpan tas kulit di tempat yang lembab dan terkena sinar matahari langsung, karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit tas menjadi rusak dan mengelupas.

2. Kain
Tas berbahan kain juga memerlukan perawatan khusus. Anda dapat membersihkan tas kain dengan sabun cair dan sikat lembut. Hindari mencuci tas kain menggunakan mesin cuci, karena hal tersebut dapat merusak tekstur kain tas.

3. Sintetis
Tas berbahan sintetis umumnya lebih tahan lama daripada tas berbahan lainnya. Namun, Anda tetap perlu merawatnya dengan baik agar tetap awet. Gunakan lap lembut untuk membersihkan tas sintetis dan hindari menyimpannya di tempat yang terlalu panas, karena hal tersebut dapat membuat bahan tas menjadi rusak.

4. Denim
Tas berbahan denim juga memerlukan perawatan khusus. Hindari mencuci tas denim menggunakan deterjen yang keras, karena hal tersebut dapat membuat warna tas menjadi pudar. Gunakan deterjen yang lembut dan jangan terlalu sering mencucinya.

5. Rajut
Tas berbahan rajut biasanya lebih rentan terhadap kerusakan. Hindari menyimpan barang-barang berat di dalam tas rajut, karena hal tersebut dapat membuat tas menjadi cepat rusak. Jika tas rajut kotor, Anda dapat membersihkannya dengan lap lembut dan hindari mencucinya menggunakan air panas.

Dengan merawat tas secara tepat berdasarkan bahan dasarnya, Anda dapat memperpanjang umur tas dan tetap terlihat baru. Jadi, jangan lupa untuk selalu merawat tas Anda dengan baik agar tetap awet dan tahan lama.