Didiet Maulana sebut pengajuan kebaya ke UNESCO bentuk kebanggaan

fashion Jun 2, 2024

Didiet Maulana, desainer ternama asal Indonesia, baru-baru ini menyebutkan pengajuan kebaya ke UNESCO sebagai bentuk kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Kebaya adalah busana tradisional Indonesia yang telah menjadi simbol kebanggaan dan identitas budaya bagi masyarakat Indonesia.

Pada acara Fashion Colloquium yang diselenggarakan oleh Museum Rijksmuseum di Amsterdam, Didiet Maulana menyampaikan pentingnya melestarikan kebaya sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia. Menurutnya, kebaya bukan hanya sekadar pakaian tradisional, tetapi juga memiliki makna dan nilai yang mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Pengajuan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO merupakan langkah penting dalam upaya melestarikan kebudayaan Indonesia. Dengan diakui oleh organisasi internasional seperti UNESCO, kebaya akan semakin dikenal dan dihargai oleh masyarakat dunia.

Didiet Maulana sendiri telah lama berkomitmen untuk mempromosikan kebaya sebagai busana tradisional Indonesia yang mempesona. Melalui brand-nya, IKAT Indonesia, Didiet Maulana terus mengangkat kebaya sebagai bagian dari identitas budaya Indonesia yang kaya dan beragam.

Dengan adanya pengajuan kebaya ke UNESCO, diharapkan kebaya dapat semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat internasional. Sebagai salah satu warisan budaya yang tak ternilai, kebaya layak untuk dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang. Semoga langkah Didiet Maulana dan para pelaku seni dan budaya lainnya dapat memberikan dampak positif dalam melestarikan kebaya sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia.