Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

bugar Jun 29, 2024

Anak dengan alergi susu sapi merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Alergi susu sapi adalah keadaan dimana tubuh anak tidak bisa mengolah protein susu sapi dengan baik, sehingga menimbulkan reaksi alergi yang bisa berupa ruam, muntah, diare, atau bahkan sesak napas.

Dalam penanganan alergi susu sapi pada anak, penting bagi para orangtua untuk memperhatikan asupan makanan anak agar tidak memperburuk kondisinya. Salah satu alternatif yang sering dianggap aman adalah pemberian susu kambing sebagai pengganti susu sapi. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua anak dengan alergi susu sapi bisa mengonsumsi susu kambing?

Menurut dokter spesialis anak, pemberian susu kambing pada anak dengan alergi susu sapi sebenarnya tidak dianjurkan. Meskipun protein susu kambing memiliki struktur yang sedikit berbeda dengan susu sapi, namun tetap saja bisa menimbulkan reaksi alergi pada anak yang sensitif terhadap protein susu.

Sebagai gantinya, dokter biasanya akan merekomendasikan penggunaan formula susu bebas protein susu seperti susu kedelai atau susu hidrolisat. Formula susu ini telah dirancang khusus untuk anak dengan alergi susu sapi sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan reaksi alergi.

Selain itu, penting bagi para orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan susu pengganti kepada anak dengan alergi susu sapi. Dokter akan membantu menentukan pilihan susu yang sesuai dengan kondisi anak dan memberikan saran terbaik untuk penanganan alergi susu sapi.

Dengan memperhatikan asupan makanan anak dengan alergi susu sapi dan berkonsultasi dengan dokter, diharapkan kondisi anak bisa terkontrol dengan baik dan tumbuh kembangnya tetap optimal. Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian ekstra pada kesehatan anak agar terhindar dari masalah alergi susu sapi yang bisa berdampak buruk pada kesehatan mereka.