Dokter: Cegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas

bugar Jun 25, 2024

Dokter: Cegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang sangat serius dan dapat mengancam nyawa seseorang. Penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah koroner yang menyuplai darah ke jantung. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal.

Mencegah penyakit jantung koroner sejak usia muda merupakan langkah yang sangat penting. Menurut para dokter, usia 35-40 tahun merupakan usia yang ideal untuk mulai melakukan pencegahan penyakit jantung koroner. Pada usia ini, risiko terkena penyakit jantung koroner sudah mulai meningkat, terutama jika memiliki faktor risiko seperti obesitas, merokok, hipertensi, diabetes, dan kurangnya aktivitas fisik.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner, antara lain:

1. Mengatur pola makan yang sehat, dengan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, tinggi serat, dan rendah garam.
2. Melakukan olahraga secara teratur, minimal 30 menit setiap hari.
3. Menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
4. Memantau tekanan darah dan kadar gula darah secara teratur.
5. Menjaga berat badan ideal.
6. Mengelola stres dengan baik.

Selain itu, penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, terutama jika memiliki riwayat penyakit jantung koroner dalam keluarga. Dokter dapat memberikan saran dan pengobatan yang tepat untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai memperhatikan kesehatan jantung sejak usia 35-40 tahun ke atas. Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan menjaga kesehatan jantung kita dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.