Dokter: Perlu asesmen penumpang pesawat yang miliki riwayat jantung

bugar Jun 25, 2024

Dokter: Perlu Asesmen Penumpang Pesawat yang Memiliki Riwayat Jantung

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, ada beberapa penumpang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti riwayat penyakit jantung. Kondisi ini memerlukan perhatian khusus saat melakukan perjalanan udara.

Menurut para ahli kesehatan, penumpang pesawat yang memiliki riwayat penyakit jantung perlu menjalani asesmen medis sebelum melakukan perjalanan udara. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan penumpang tersebut stabil dan tidak akan mengalami masalah saat berada di udara.

Asesmen medis sebelum perjalanan udara melibatkan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh oleh dokter spesialis jantung. Dokter akan mengevaluasi kondisi kesehatan penumpang, melakukan tes darah, dan memeriksa riwayat penyakit jantung yang dimiliki. Selain itu, dokter juga akan memberikan rekomendasi terkait pengaturan obat-obatan yang harus dikonsumsi selama perjalanan udara.

Selain itu, penumpang pesawat yang memiliki riwayat penyakit jantung juga disarankan untuk mengikuti beberapa langkah pencegahan selama perjalanan udara. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain adalah menghindari konsumsi makanan berlemak dan beralkohol, menjaga asupan cairan yang cukup, dan melakukan gerakan tubuh selama perjalanan untuk menghindari pembekuan darah.

Dengan melakukan asesmen medis sebelum perjalanan udara dan mengikuti langkah pencegahan yang disarankan, penumpang pesawat yang memiliki riwayat penyakit jantung dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung sebelum melakukan perjalanan udara, demi kesehatan dan keselamatan Anda selama perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat.