Frugal living, apa artinya? – ANTARA News

travel Jul 9, 2024

Frugal living, atau hidup hemat, adalah gaya hidup di mana seseorang mengelola keuangan dan aset mereka dengan bijak dan efisien. Dalam frugal living, seseorang mengekang pengeluaran mereka, memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan, dan mencari cara untuk menghemat uang tanpa mengorbankan kualitas hidup.

Hidup hemat dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membatasi pengeluaran bulanan, mengurangi pembelian barang-barang yang tidak diperlukan, memanfaatkan diskon dan promo, menghemat listrik dan air, serta mencari alternatif yang lebih murah dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Dengan adanya gaya hidup frugal living, seseorang dapat mengalokasikan uang mereka untuk hal-hal yang lebih penting dan mendesak, seperti tabungan masa depan, investasi, atau pendidikan. Selain itu, hidup hemat juga dapat membantu seseorang untuk mengurangi stres finansial dan membangun kebiasaan keuangan yang baik.

Meskipun terkesan sederhana, frugal living memiliki dampak yang positif bagi individu maupun lingkungan. Dengan mengurangi konsumsi barang-barang yang tidak perlu, seseorang dapat membantu mengurangi limbah dan polusi lingkungan. Selain itu, hidup hemat juga dapat memberikan contoh yang baik bagi orang lain dalam mengelola keuangan dengan bijak.

Dalam era modern ini, di mana konsumsi dan gaya hidup konsumerisme menjadi tren dominan, frugal living menjadi sebuah alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin hidup lebih sederhana, berkelanjutan, dan bertanggung jawab secara finansial. Sebagai individu, kita dapat memulai langkah-langkah kecil menuju hidup hemat, demi kesejahteraan kita sendiri dan juga lingkungan sekitar kita.