Guru besar UI: Kadar kolesterol yang tinggi dalam ASI lindungi bayi

bugar May 30, 2024

Menurut seorang guru besar dari Universitas Indonesia (UI), kadar kolesterol yang tinggi dalam air susu ibu (ASI) dapat memberikan perlindungan tambahan bagi bayi. Hal ini merupakan temuan yang menarik dan penting untuk diketahui oleh para ibu yang sedang menyusui.

Dalam penelitiannya, guru besar UI tersebut mengungkapkan bahwa kolesterol yang tinggi dalam ASI dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan perkembangan otak bayi. Kolesterol sendiri merupakan senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sel-sel dan organ-organ tubuh.

Menurutnya, kolesterol dalam ASI juga berperan dalam pembentukan membran sel dan sintesis hormon-hormon penting dalam tubuh. Selain itu, kolesterol juga berperan dalam proses pembentukan otak bayi dan memengaruhi perkembangan fungsi otak secara keseluruhan.

Oleh karena itu, guru besar UI tersebut menyarankan para ibu untuk tidak takut atau khawatir dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam ASI. Sebaliknya, ibu sebaiknya tetap memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi selama enam bulan pertama kehidupannya, karena ASI mengandung nutrisi dan zat-zat penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Meskipun kadar kolesterol yang tinggi dalam ASI dapat memberikan perlindungan tambahan bagi bayi, namun tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang selama masa menyusui. Hindari makanan berlemak tinggi dan berpotensi merusak kesehatan tubuh.

Dengan demikian, para ibu dapat memberikan yang terbaik bagi kesehatan dan perkembangan bayi mereka melalui pemberian ASI yang kaya akan kolesterol dan nutrisi penting lainnya. Semoga temuan ini dapat memberikan wawasan baru bagi para ibu yang sedang menyusui.