IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

bugar Jun 22, 2024

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini membagikan 7 kiat bagi orang tua untuk mencegah kekerasan seksual terhadap anak. Kekerasan seksual terhadap anak merupakan masalah serius yang harus diatasi dengan tindakan preventif yang tepat.

Kiat pertama yang diberikan oleh IDAI adalah mengajarkan anak tentang batas-batas tubuhnya. Orang tua harus mengajarkan anak untuk mengenali bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain, serta memberikan pemahaman tentang hak privasi dan keamanan tubuh.

Kiat kedua adalah memberikan pemahaman kepada anak tentang hak-haknya. Orang tua harus mengajarkan anak untuk mengerti bahwa mereka memiliki hak untuk merasa aman dan tidak boleh disakiti oleh siapapun.

Kiat ketiga adalah mengajarkan anak untuk berani bicara. Orang tua harus membiasakan anak untuk berbicara tentang segala hal yang mereka rasakan, termasuk jika mereka merasa tidak nyaman atau terjadi sesuatu yang tidak semestinya.

Kiat keempat adalah menjaga komunikasi yang terbuka dengan anak. Orang tua harus selalu siap mendengarkan dan memberikan dukungan kepada anak, sehingga mereka merasa nyaman untuk berbagi pengalaman dan perasaan mereka.

Kiat kelima adalah mengajarkan anak untuk mengenali tanda-tanda kekerasan seksual. Orang tua harus memberikan pemahaman kepada anak tentang perilaku-perilaku yang mencurigakan dan memberikan petunjuk kepada anak untuk segera melaporkan jika mereka mengalami hal tersebut.

Kiat keenam adalah mengajarkan anak untuk menghindari situasi berbahaya. Orang tua harus memberikan pemahaman kepada anak tentang situasi yang berpotensi membahayakan dan memberikan petunjuk kepada anak untuk menjauh dari situasi tersebut.

Kiat terakhir adalah memberikan contoh yang baik kepada anak. Orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak dalam hal menghormati dan melindungi diri sendiri serta orang lain.

Dengan menerapkan ketujuh kiat tersebut, diharapkan orang tua dapat mencegah kekerasan seksual terhadap anak dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi mereka. Kesejahteraan dan kebahagiaan anak adalah tanggung jawab bersama, dan dengan kerjasama dan kesadaran yang baik, kita dapat mencegah kekerasan seksual terhadap anak.