IDAI: MPASI buatan sendiri lebih baik dari yang dijual di jalan

bugar Jun 22, 2024

Memilih makanan pendamping ASI (MPASI) yang baik dan sehat untuk bayi adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para orangtua. Seiring dengan perkembangan zaman, kini banyak tersedia makanan pendamping ASI yang dijual di pasaran maupun di jalan. Namun, tentu saja kita harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuk si kecil.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), MPASI buatan sendiri lebih baik daripada yang dijual di jalan. MPASI buatan sendiri memiliki banyak kelebihan, di antaranya adalah dapat diketahui bahan-bahan yang digunakan, dapat disesuaikan dengan kebutuhan gizi si kecil, serta lebih terjamin kebersihannya.

MPASI buatan sendiri juga dapat memberikan nutrisi yang lebih seimbang dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Hal ini sangat penting karena pada usia 6 bulan ke atas, bayi mulai membutuhkan tambahan makanan selain ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Selain itu, MPASI buatan sendiri juga dapat membantu mengenalkan aneka rasa dan tekstur makanan pada bayi. Dengan memberikan variasi makanan yang sehat dan bergizi, bayi akan lebih terbiasa dengan berbagai jenis makanan dan tidak mudah bosan.

Namun, tentu saja dalam membuat MPASI buatan sendiri, kita harus memperhatikan beberapa hal. Pastikan menggunakan bahan-bahan yang segar dan higienis, serta memasaknya dengan cara yang benar. Selalu cuci tangan sebelum memasak dan memberikan makanan kepada bayi, serta pastikan peralatan makanan bayi selalu dalam kondisi bersih.

Jadi, jangan ragu untuk membuat MPASI buatan sendiri untuk si kecil. Dengan perhatian dan kasih sayang kita sebagai orangtua, kita dapat memberikan makanan sehat dan bergizi kepada bayi, sehingga tumbuh kembangnya akan optimal. Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai MPASI yang baik dan sehat untuk bayi.