IDAI tekankan keamanan pangan cegah penyakit pada anak

bugar Jun 4, 2024

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) kembali menekankan pentingnya keamanan pangan untuk mencegah penyakit pada anak. Dalam sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan baru-baru ini, IDAI mengingatkan bahwa konsumsi makanan yang tidak aman dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada anak, mulai dari gangguan pencernaan hingga infeksi serius.

Menurut IDAI, anak-anak lebih rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang. Oleh karena itu, penting bagi orangtua dan pengasuh anak untuk selalu memastikan bahwa makanan yang diberikan kepada anak adalah aman dan sehat.

IDAI juga menyoroti pentingnya menjaga kebersihan saat menyiapkan dan menyajikan makanan. Tangan yang kotor, peralatan masak yang tidak bersih, dan bahan makanan yang tidak segar dapat menjadi sumber kontaminasi yang berbahaya bagi anak. Oleh karena itu, IDAI menyarankan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, menggunakan bahan makanan yang segar dan berkualitas, serta memastikan peralatan masak dalam keadaan bersih.

Selain itu, IDAI juga mengingatkan pentingnya memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan penyimpanan makanan dengan benar. Makanan yang sudah kadaluwarsa atau disimpan dalam kondisi yang tidak tepat dapat mengandung bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan pada anak.

Dengan memperhatikan keamanan pangan dan menjaga kebersihan saat menyiapkan makanan, orangtua dapat membantu mencegah penyakit dan masalah kesehatan pada anak. IDAI juga menekankan pentingnya edukasi tentang keamanan pangan kepada masyarakat secara luas agar kesadaran akan pentingnya makanan yang aman semakin meningkat.

Sebagai orangtua dan pengasuh anak, kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan makanan yang sehat dan aman bagi anak-anak kita. Dengan menjaga kebersihan dan keamanan pangan, kita dapat membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan anak-anak kita. Semoga dengan kesadaran dan perhatian yang lebih terhadap keamanan pangan, kita dapat mencegah penyakit dan masalah kesehatan pada anak-anak kita.