Kadinkes tekankan Jabar fokus cegah lahirnya anak stunting baru

bugar Jun 13, 2024

Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) Jawa Barat, dr. Berli Hamdani, menekankan pentingnya fokus untuk mencegah lahirnya anak-anak stunting baru di provinsi Jawa Barat. Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis. Hal ini dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak, serta meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis di kemudian hari.

Menurut dr. Berli Hamdani, upaya pencegahan stunting harus dimulai sejak dini, yaitu sejak masa kehamilan. Ibu hamil perlu mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang agar janin dapat tumbuh dengan optimal. Selain itu, peran penting juga dimiliki oleh masyarakat dalam mendukung pencegahan stunting, seperti dengan memastikan anak-anak mendapatkan makanan bergizi dan pola makan yang sehat.

Kadinkes Jawa Barat juga telah melakukan berbagai program dan kegiatan untuk memperkuat upaya pencegahan stunting di provinsi ini. Salah satunya adalah melalui program pemantauan status gizi anak dan ibu hamil secara rutin, serta penyuluhan tentang pentingnya gizi seimbang bagi pertumbuhan anak. Selain itu, pemerintah juga terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting.

Dengan adanya perhatian dan komitmen yang kuat dari semua pihak, diharapkan dapat tercapai target untuk mencegah lahirnya anak-anak stunting baru di Jawa Barat. Hal ini merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan generasi masa depan, sehingga diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas di masa yang akan datang.