Kemenparekraf fasilitasi industri kuliner berkelanjutan lewat FSI

kuliner May 31, 2024

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya untuk mengembangkan industri kuliner berkelanjutan di Indonesia. Salah satu langkah yang diambil adalah melalui program Food Sustainability Initiative (FSI) yang bertujuan untuk memberikan fasilitasi kepada pelaku industri kuliner agar dapat berkontribusi dalam menciptakan industri yang lebih ramah lingkungan.

FSI merupakan program yang dirancang untuk memberikan pendampingan kepada pelaku industri kuliner dalam mengembangkan praktik-praktik berkelanjutan, mulai dari produksi, distribusi, hingga konsumsi makanan. Melalui program ini, Kemenparekraf berupaya untuk membantu pelaku usaha kuliner untuk menggunakan bahan baku lokal yang berkualitas, mengurangi limbah makanan, dan memperkenalkan konsep-konsep ramah lingkungan dalam operasional bisnis mereka.

Selain itu, FSI juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha kuliner dalam hal pemasaran dan branding. Dengan begitu, diharapkan para pelaku usaha dapat lebih mudah memasarkan produk kuliner mereka secara luas dan meningkatkan daya saing di pasar global.

Dengan adanya FSI, diharapkan industri kuliner di Indonesia dapat berkembang secara berkelanjutan dan mampu memberikan manfaat yang lebih luas, baik bagi masyarakat, lingkungan, maupun perekonomian negara. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam mengembangkan industri kuliner yang berkelanjutan.

Kemenparekraf sebagai kementerian yang bertanggung jawab dalam mengelola pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri kuliner berkelanjutan. Melalui program-program seperti FSI, diharapkan Indonesia dapat menjadi negara yang dikenal dengan keberagaman kuliner yang berkualitas dan berkelanjutan.