Kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak

kuliner Jul 2, 2024

Steak merupakan salah satu hidangan yang banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang lezat. Namun, banyak orang yang khawatir tentang kandungan lemak tinggi dalam steak dan efek buruknya bagi kesehatan. Namun, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa diikuti agar tetap bisa menikmati steak tanpa harus khawatir akan kesehatan dan kandungan lemaknya.

Pertama, pilihlah jenis daging yang rendah lemak seperti daging sapi tanpa lemak atau daging ayam tanpa kulit. Hindari daging berlemak tinggi seperti daging babi atau daging kambing. Daging tanpa lemak memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Kedua, hindari menggoreng steak dengan minyak berlebihan. Lebih baik panggang atau masak steak dengan metode lain yang lebih sehat seperti dipanggang atau direbus. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Ketiga, hindari menggunakan saus atau bumbu yang tinggi lemak dan kalori. Lebih baik gunakan bumbu alami seperti rempah-rempah atau lemon untuk memberikan rasa pada steak. Selain lebih sehat, bumbu alami juga tidak mengandung tambahan gula atau garam yang berlebihan.

Keempat, pastikan Anda mengonsumsi steak bersama dengan sayuran atau buah-buahan segar. Sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang bisa membantu dalam proses pencernaan dan juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda tetap bisa menikmati steak tanpa harus khawatir akan kesehatan dan kandungan lemaknya. Selamat menikmati steak sehat dan lezat!