Kiat mengurangi stres jelang hari pertama anak bersekolah

bugar Jun 6, 2024

Hari pertama anak bersekolah adalah momen yang sangat penting bagi orangtua maupun anak. Namun, seringkali hal ini juga dapat menimbulkan stres bagi kedua belah pihak. Rasa cemas, khawatir, dan tidak sabar seringkali menghantui orangtua menjelang hari pertama anak bersekolah.

Untuk mengurangi stres jelang hari pertama anak bersekolah, ada beberapa kiat yang bisa orangtua lakukan. Pertama, persiapkan segala kebutuhan anak secara matang. Pastikan semua perlengkapan sekolah telah lengkap dan siap digunakan. Dengan begitu, anak akan merasa lebih percaya diri dan nyaman saat memulai hari pertamanya di sekolah.

Kedua, berikan dukungan dan dorongan kepada anak. Berbicaralah dengan anak tentang kegiatan sekolah, teman-teman baru, dan hal-hal yang akan dia pelajari. Berikan mereka semangat dan keyakinan bahwa mereka mampu menghadapi hari pertama di sekolah dengan baik.

Ketiga, tetap tenang dan jangan terlalu khawatir. Percayalah bahwa anak akan mampu menghadapi hari pertamanya dengan baik. Jika orangtua terlalu khawatir, hal ini juga akan berdampak pada anak dan membuat mereka merasa cemas.

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan waktu bersama keluarga sebelum hari pertama sekolah. Luangkan waktu untuk bersantai bersama anak, bermain, dan bercengkrama. Hal ini akan membantu mengurangi stres dan membuat anak merasa lebih tenang dan nyaman menjelang hari pertama sekolah.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, diharapkan orangtua dapat mengurangi stres dan kecemasan menjelang hari pertama anak bersekolah. Semoga anak dapat menjalani hari pertamanya dengan lancar dan sukses. Selamat menyambut hari pertama sekolah!