KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan ekonomi bangsa

fashion Jun 11, 2024

Kebaya merupakan busana tradisional Indonesia yang memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Kebaya juga merupakan simbol kebanggaan bagi wanita Indonesia karena keindahannya yang mempesona. Seiring dengan perkembangan zaman, kebaya tidak hanya dipakai pada acara-acara adat dan keagamaan, namun juga telah menjadi busana sehari-hari yang digunakan untuk berbagai acara formal.

KOWANI (Kongres Wanita Indonesia) adalah organisasi yang memiliki peran penting dalam melestarikan kebaya sebagai busana tradisional Indonesia. Mereka percaya bahwa pelestarian kebaya tidak hanya penting untuk menjaga warisan budaya bangsa, namun juga dapat menjadi salah satu cara untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

Menurut KOWANI, kebaya dapat menjadi produk ekonomi yang potensial karena permintaan terhadap kebaya terus meningkat, baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan memperkuat industri kebaya, bukan hanya sebagai busana tradisional tetapi juga sebagai produk fashion yang modern dan berkelas, maka dapat memberikan peluang usaha bagi para perajin kebaya, desainer mode, serta pelaku usaha di sektor tekstil dan fashion.

KOWANI juga aktif dalam menggalakkan promosi kebaya melalui berbagai event dan pameran busana. Mereka berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan kebaya sebagai bagian dari identitas budaya Indonesia. Dengan demikian, diharapkan kebaya dapat terus eksis dan menjadi simbol kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Dengan pelestarian kebaya yang baik, KOWANI yakin bahwa kebaya dapat menjadi salah satu aset budaya yang mampu mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa. Selain itu, keberadaan kebaya juga akan memberikan dampak positif bagi industri kreatif Indonesia, serta menjaga keberagaman budaya dan tradisi bangsa. Oleh karena itu, mari bersama-sama mendukung upaya pelestarian kebaya sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.