Makanan yang dapat menyebabkan bau mulut dan kiat menghilangkannya

bugar Jun 12, 2024

Bau mulut adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu penyebabnya adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan mengganggu. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut dan kiat untuk menghilangkannya:

1. Bawang dan bawang putih
Bawang dan bawang putih dikenal memiliki aroma yang kuat dan dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk mengurangi bau mulut akibat mengonsumsi bawang dan bawang putih, Anda bisa mengunyah daun mint atau parsley setelah makan.

2. Kopi
Kopi mengandung asam yang dapat menyebabkan bau mulut. Untuk mengurangi bau mulut akibat minum kopi, disarankan untuk minum air putih setelah minum kopi.

3. Alkohol
Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

4. Daging merah
Daging merah dapat menyebabkan bau mulut karena sulit dicerna oleh tubuh. Untuk mengurangi bau mulut akibat mengonsumsi daging merah, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

5. Makanan pedas
Makanan pedas juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk mengurangi bau mulut akibat makanan pedas, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt.

Untuk menghilangkan bau mulut, selain menghindari makanan-makanan tersebut, Anda juga perlu menjaga kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, membersihkan lidah, dan menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kelembapan mulut.

Dengan mengikuti kiat di atas, Anda dapat mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh makanan tertentu. Jaga pola makan dan kebersihan mulut Anda agar tetap segar dan terhindar dari bau mulut yang tidak sedap.