Menapaki megahnya dinasti kuno China di ‘Kota Terlarang’ Beijing

travel Jun 2, 2024

Dinasti kuno China dikenal sebagai salah satu periode keemasan dalam sejarah Tiongkok. Salah satu dinasti yang paling terkenal adalah Dinasti Ming, yang memerintah dari tahun 1368 hingga 1644. Di bawah pemerintahan Dinasti Ming, Kota Terlarang dibangun di Beijing sebagai pusat administrasi kekaisaran.

Kota Terlarang, atau juga dikenal sebagai Istana Terlarang, merupakan kompleks istana yang megah dan luas yang dibangun di Beijing. Istana ini dibangun selama 14 tahun, mulai dari tahun 1406 hingga 1420, dan menjadi tempat tinggal bagi kaisar dan keluarganya selama hampir 500 tahun.

Kota Terlarang terdiri dari 980 bangunan yang tersebar di atas luas 180 hektar. Bangunan-bangunan ini didesain dengan presisi yang tinggi dan dihiasi dengan seni ukir yang indah. Selain itu, istana ini juga dilengkapi dengan taman-taman yang indah dan kolam-kolam air yang menambah keindahan kompleks istana.

Selama berabad-abad, Kota Terlarang menjadi simbol kekuasaan dan kemegahan dinasti Ming. Istana ini menjadi tempat untuk upacara kenegaraan, pertemuan diplomatik, dan pesta-pesta istana yang mewah. Namun, setelah Dinasti Ming jatuh pada tahun 1644, Kota Terlarang ditinggalkan dan terbengkalai.

Pada abad ke-20, pemerintah Tiongkok mulai memulihkan dan merestorasi Kota Terlarang untuk dijadikan sebagai museum dan situs warisan dunia. Saat ini, Kota Terlarang menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Beijing, dengan jutaan wisatawan dari seluruh dunia yang datang setiap tahunnya untuk melihat keindahan dan sejarah istana ini.

Dengan keindahan arsitektur dan sejarah yang terkandung di dalamnya, Kota Terlarang memang merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para penggemar sejarah dan budaya Tiongkok. Melangkah di dalam kompleks istana yang megah ini, kita dapat menapaki jejak dinasti kuno China dan merasakan kemegahan kekaisaran yang pernah ada di masa lampau.