Menparekraf tekankan pariwisata regeneratif untuk keberlanjutan

travel May 29, 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, kembali menekankan pentingnya pariwisata regeneratif untuk keberlanjutan sektor pariwisata di Indonesia. Hal ini disampaikannya dalam acara webinar bertema “Pariwisata Regeneratif: Membangun Keberlanjutan Pariwisata Indonesia” yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada hari Jumat (12/11).

Dalam webinar tersebut, Menparekraf menjelaskan bahwa pariwisata regeneratif merupakan paradigma baru dalam pengembangan pariwisata yang bertujuan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, budaya, dan ekonomi di destinasi wisata. Dengan menerapkan konsep ini, diharapkan pariwisata di Indonesia dapat terus berkembang tanpa merusak lingkungan dan budaya lokal.

Menparekraf juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku pariwisata dalam menerapkan pariwisata regeneratif. Menurutnya, semua pihak harus bekerja sama untuk menjaga keberlanjutan pariwisata demi kepentingan bersama.

Selain itu, Menparekraf juga mengajak seluruh pihak terkait untuk turut mendukung program-program pariwisata regeneratif yang telah dirancang oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan demikian, Indonesia dapat menjadi contoh dalam pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Menutup sambutannya, Menparekraf mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk peduli terhadap keberlanjutan pariwisata dengan menjaga lingkungan, budaya, dan ekonomi lokal. Dengan demikian, pariwisata di Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang maksimal bagi semua pihak.