Nikita Willy beberkan cara sembuhkan trauma makan pada anak

bugar Jun 22, 2024

Nikita Willy, seorang artis ternama di Indonesia, baru-baru ini berbagi pengalamannya dalam menyembuhkan trauma makan pada anak. Trauma makan adalah kondisi di mana anak mengalami ketakutan atau kecemasan yang berhubungan dengan makanan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengalaman negatif saat makan, tekanan dari lingkungan sekitar, atau masalah kesehatan mental.

Dalam sebuah wawancara, Nikita Willy mengungkapkan bahwa ia sendiri pernah mengalami trauma makan pada masa kecilnya. Namun, berkat dukungan dan perhatian dari keluarga serta terapis, ia berhasil sembuh dan kini bisa menikmati makanan dengan nyaman.

Berikut adalah beberapa cara yang disarankan oleh Nikita Willy untuk menyembuhkan trauma makan pada anak:

1. Memberikan dukungan dan perhatian yang cukup. Penting bagi orang tua atau caregiver untuk mendengarkan dan memahami perasaan anak terkait makanan. Jangan memaksa atau menghukum anak jika ia menolak makan, namun berikan dukungan dan dorongan positif.

2. Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan saat makan. Cobalah untuk membuat suasana makan yang menyenangkan, misalnya dengan mengajak anak berbicara atau bermain selama makan. Hindari memaksa anak untuk makan dalam suasana tegang atau stres.

3. Konsultasikan dengan ahli terapi atau psikolog. Jika trauma makan anak tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan ahli terapi atau psikolog yang bisa membantu anak mengatasi masalah tersebut. Terapi perilaku kognitif atau terapi bermain adalah beberapa metode yang dapat membantu anak mengatasi trauma makan.

4. Berikan contoh yang baik. Sebagai orang tua atau caregiver, penting untuk memberikan contoh yang baik terkait makanan. Cobalah untuk memperkenalkan makanan baru secara perlahan dan memberikan pilihan yang sehat dan bergizi untuk anak.

Dengan dukungan dan perhatian yang tepat, trauma makan pada anak bisa sembuh dan anak dapat kembali menikmati makanan dengan nyaman. Semoga tips dari Nikita Willy ini dapat membantu orang tua atau caregiver yang memiliki anak yang mengalami trauma makan.