Parade Lenggak Lenggok mewarnai kemeriahan Festival Batanghari

travel Jul 6, 2024

Parade Lenggak Lenggok mewarnai kemeriahan Festival Batanghari

Festival Batanghari merupakan salah satu acara tahunan yang sangat dinantikan oleh masyarakat di Kabupaten Batanghari, Jambi. Festival ini selalu diadakan setiap tahun untuk memperingati hari jadi Kabupaten Batanghari yang jatuh pada tanggal 18 Juni. Festival Batanghari merupakan ajang untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya daerah tersebut, serta menjadi ajang reuni bagi seluruh masyarakat Batanghari.

Salah satu acara yang selalu menjadi sorotan dalam Festival Batanghari adalah Parade Lenggak Lenggok. Parade Lenggak Lenggok merupakan parade kostum tradisional yang diikuti oleh berbagai kelompok seni dan budaya dari seluruh Kabupaten Batanghari. Para peserta parade mengenakan kostum-kostum tradisional yang berwarna-warni dan indah, serta menampilkan tari-tarian dan gerakan yang khas.

Parade Lenggak Lenggok menjadi salah satu daya tarik utama dalam Festival Batanghari karena memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menunjukkan kecintaan mereka terhadap budaya daerah. Selain itu, parade ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan seni tradisional Kabupaten Batanghari kepada masyarakat luas.

Setiap tahunnya, Parade Lenggak Lenggok selalu diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai kelompok seni dan budaya di Kabupaten Batanghari. Mereka berlomba-lomba untuk menampilkan kostum-kostum terbaik dan gerakan tari yang paling menarik agar bisa menjadi yang terbaik dalam parade ini.

Selain Parade Lenggak Lenggok, Festival Batanghari juga diisi dengan berbagai acara menarik lainnya seperti pameran produk lokal, lomba-lomba tradisional, konser musik, dan berbagai pertunjukan seni lainnya. Festival ini menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Kabupaten Batanghari, serta mempromosikan potensi pariwisata daerah tersebut kepada wisatawan dari luar.

Dengan adanya Parade Lenggak Lenggok dan berbagai acara menarik lainnya dalam Festival Batanghari, diharapkan festival ini dapat terus menjadi ajang yang meriah dan berkesan bagi masyarakat Kabupaten Batanghari. Semoga kekayaan budaya dan seni tradisional yang dimiliki oleh Kabupaten Batanghari dapat terus dilestarikan dan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat.