Penderita aritmia disarankan tidak melakukan pijat di leher

bugar Jun 7, 2024

Aritmia adalah kondisi yang ditandai oleh detak jantung yang tidak teratur. Penderita aritmia sering kali mengalami gejala seperti jantung berdebar-debar, pusing, sesak napas, dan nyeri dada. Kondisi ini dapat menjadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Salah satu hal yang perlu dihindari oleh penderita aritmia adalah melakukan pijat di leher. Pijat di leher dapat merangsang saraf vagus, yang dapat mempengaruhi detak jantung dan menyebabkan aritmia menjadi lebih parah. Selain itu, pijat di leher juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, yang dapat berkontribusi pada terjadinya serangan aritmia.

Sebagai gantinya, penderita aritmia disarankan untuk melakukan metode relaksasi lainnya, seperti meditasi atau teknik pernapasan yang dapat membantu menenangkan jantung dan mengurangi gejala aritmia. Selain itu, penting bagi penderita aritmia untuk mengikuti anjuran dokter mengenai pengobatan dan gaya hidup yang sehat untuk mengontrol kondisinya.

Jadi, bagi penderita aritmia, penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu atau memperburuk kondisi aritmia, termasuk melakukan pijat di leher. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai perawatan dan pengelolaan aritmia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang menderita aritmia.