Penyebab perempuan lebih berisiko terserang migrain

bugar Jun 15, 2024

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, penelitian menunjukkan bahwa perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang migrain dibandingkan dengan pria. Berikut adalah beberapa penyebab perempuan lebih berisiko terserang migrain:

1. Hormon
Hormon merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi migrain pada perempuan. Perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause dapat memicu serangan migrain. Hormon estrogen dipercaya memiliki peran penting dalam memicu migrain pada perempuan.

2. Stres
Perempuan cenderung lebih rentan terhadap stres dibanding pria. Stres dapat menjadi pemicu utama serangan migrain pada perempuan. Kondisi stres yang kronis dapat memicu perubahan kimia dalam otak yang dapat menyebabkan terjadinya migrain.

3. Pola makan dan gaya hidup
Polamakan dan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor risiko terserang migrain pada perempuan. Konsumsi makanan tertentu seperti cokelat, kafein, dan makanan yang mengandung MSG dapat memicu migrain. Selain itu, kurangnya istirahat dan pola tidur yang tidak teratur juga dapat meningkatkan risiko terserang migrain.

4. Riwayat keluarga
Jika salah satu anggota keluarga memiliki riwayat migrain, maka risiko perempuan untuk mengalami migrain juga akan meningkat. Faktor genetik dapat memainkan peran penting dalam menentukan risiko seseorang untuk terserang migrain.

5. Pengaruh lingkungan
Faktor lingkungan seperti perubahan cuaca, polusi udara, serta cahaya terang juga dapat memicu migrain pada perempuan. Beberapa perempuan juga lebih sensitif terhadap perubahan lingkungan dibandingkan dengan pria.

Untuk mengurangi risiko terserang migrain, perempuan disarankan untuk mengelola stres dengan baik, menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, serta menjaga pola tidur yang cukup. Jika sering mengalami serangan migrain, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.