Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

kecantikan Jul 9, 2024

Saat berada di bawah sinar matahari, penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya. Salah satu cara yang efektif untuk melindungi kulit adalah dengan menggunakan produk tabir surya. Namun, seringkali orang sering bingung antara sunscreen dan sunblock. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang penting untuk dipahami agar tidak salah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Perbedaan pertama antara sunscreen dan sunblock terletak pada cara kerjanya dalam melindungi kulit dari sinar UV. Sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sedangkan sunblock bekerja dengan menghalau sinar UV sehingga tidak meresap ke dalam kulit. Sunscreen biasanya lebih ringan dan tidak meninggalkan residu putih di kulit, sehingga lebih cocok digunakan sehari-hari. Sedangkan sunblock cenderung lebih tebal dan meninggalkan residu putih, sehingga lebih cocok digunakan saat berada di bawah sinar matahari yang sangat terik.

Perbedaan kedua terletak pada kandungan bahan aktif yang terdapat dalam produk tabir surya. Sunscreen umumnya mengandung bahan kimia seperti oxybenzone dan avobenzone, yang bekerja dengan menyerap sinar UV. Sedangkan sunblock mengandung bahan fisik seperti zinc oxide dan titanium dioxide, yang bekerja dengan memantulkan sinar UV.

Pemilihan antara sunscreen dan sunblock sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan aktivitas yang akan dilakukan. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi, lebih baik memilih sunblock yang memiliki kandungan bahan fisik. Namun, jika Anda mencari produk yang ringan dan tidak lengket, sunscreen mungkin lebih cocok untuk digunakan.

Tidak peduli Anda memilih sunscreen atau sunblock, yang terpenting adalah selalu mengaplikasikannya dengan benar dan secara teratur. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari dan mengulanginya setiap dua jam sekali. Dengan memilih produk tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit, Anda dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kesehatan kulit Anda dengan baik.