Perdokhi ingatkan jamaah haji untuk perhatikan kondisi kaki

bugar Jun 8, 2024

Perdokhi, singkatan dari Persatuan Dokter Haji Indonesia, mengingatkan jamaah haji untuk selalu memperhatikan kondisi kaki mereka selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan yang sering dialami oleh jamaah haji, seperti luka, infeksi, kaki bengkak, dan lain sebagainya.

Perjalanan haji yang panjang dan melelahkan, serta cuaca yang panas dapat menyebabkan kaki jamaah haji menjadi rentan terhadap masalah kesehatan. Oleh karena itu, Perdokhi menyarankan jamaah haji untuk selalu menjaga kebersihan kaki, memakai alas kaki yang nyaman dan sesuai, serta memeriksakan kondisi kaki secara berkala kepada dokter haji.

Selain itu, Perdokhi juga mengingatkan jamaah haji untuk tidak menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter, terutama jika mengalami masalah kesehatan pada kaki. Penggunaan obat-obatan yang tidak tepat dapat memperburuk kondisi kaki dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Perdokhi juga menekankan pentingnya menjaga kondisi fisik dan stamina selama menjalankan ibadah haji, termasuk dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam pagi. Hal ini dapat membantu jamaah haji mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan pada kaki dan tubuh secara keseluruhan.

Dengan memperhatikan kondisi kaki dan menjaga kesehatan secara keseluruhan, diharapkan jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan tanpa masalah kesehatan yang serius. Semoga ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT dan menjadi amal yang baik bagi kita semua. Aamiin.