Program BISA bantu pemerintah putus siklus stunting antargenerasi

bugar Jun 12, 2024

Program BISA (Bina Anak Sehat) merupakan program yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memutus siklus stunting antargenerasi di Indonesia. Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi yang dapat berdampak buruk pada perkembangan fisik dan kognitif anak.

Siklus stunting antargenerasi terjadi ketika anak yang mengalami stunting pada masa kecil kemudian tumbuh menjadi orang dewasa yang juga mengalami stunting. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan pola makan yang kurang seimbang. Untuk itu, Program BISA hadir sebagai solusi untuk memutus siklus stunting antargenerasi ini.

Program BISA memberikan pendampingan kepada ibu hamil dan balita dalam hal gizi, kesehatan, dan pola asuh yang baik. Selain itu, program ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang sehat untuk mencegah stunting.

Dengan adanya Program BISA, diharapkan dapat tercipta generasi yang lebih sehat dan cerdas. Anak-anak yang tumbuh dengan gizi yang cukup akan memiliki pertumbuhan yang optimal dan kemampuan kognitif yang baik. Dengan demikian, mereka dapat menjadi generasi yang produktif dan mampu bersaing di era globalisasi ini.

Pemerintah perlu mendukung dan menggalakkan Program BISA ini agar dapat mencapai target memutus siklus stunting antargenerasi di Indonesia. Melalui kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga terkait, diharapkan Program BISA dapat memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan generasi masa depan Indonesia.