Psikolog: Waktu libur anak baiknya diisi dengan aneka aktivitas riil

bugar Jun 26, 2024

Psikolog: Waktu libur anak baiknya diisi dengan aneka aktivitas riil

Waktu libur anak merupakan momen yang penting bagi perkembangan mereka. Selain dapat memberikan kesempatan untuk bersantai dan melepaskan penat dari rutinitas sekolah, waktu libur juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurut psikolog, waktu libur anak sebaiknya diisi dengan berbagai aktivitas riil yang dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan sosial, dan kecerdasan anak. Aktivitas riil seperti bermain di luar ruangan, berkebun, atau mengikuti kegiatan seni dan olahraga dapat memberikan pengalaman nyata yang lebih berharga daripada hanya menghabiskan waktu di depan layar gadget.

Aktivitas di luar ruangan seperti bermain di taman atau bersepeda dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motorik, mengasah daya tahan fisik, serta meningkatkan rasa kebersamaan dengan teman-teman. Selain itu, kegiatan seperti berkebun juga dapat membantu anak untuk belajar tentang proses pertumbuhan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu, kegiatan seni seperti melukis, membuat kerajinan tangan, atau memainkan alat musik juga dapat membantu anak untuk mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri. Sementara itu, aktivitas olahraga seperti berenang, bersepeda, atau bermain sepak bola dapat membantu anak untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, serta mengasah keterampilan sosial seperti kerjasama dan komunikasi.

Dengan mengisi waktu libur anak dengan berbagai aktivitas riil yang bermanfaat, orangtua dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan demikian, anak akan memiliki pengalaman yang beragam dan berharga yang dapat membantu mereka untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri, kreatif, dan berprestasi di masa depan.