Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap gelar kirab 1 Sura

travel Jun 28, 2024

Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap untuk menggelar kirab 1 Sura, sebuah acara tradisional yang menjadi bagian penting dalam budaya Jawa. Kirab 1 Sura adalah perayaan yang dilakukan setiap tahun pada bulan Sura dalam penanggalan Jawa.

Kirab 1 Sura merupakan ritual yang dilakukan untuk memperingati peristiwa sejarah yang terjadi pada tahun 1745 Masehi. Pada saat itu, Pangeran Mangkubumi berhasil mematahkan kekuasaan VOC Belanda di Surakarta dan berhasil mendirikan kerajaan Mangkunegaran. Sejak saat itu, kirab 1 Sura menjadi tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan leluhur.

Dalam kirab 1 Sura, seluruh kerabat keraton dan abdi dalem Mangkunegaran akan mengenakan busana tradisional lengkap dengan hiasan dan aksesoris yang mewah. Mereka akan berjalan bersama-sama mengelilingi kompleks Pura Mangkunegaran sambil membawa serta replika kereta kencana dan barang-barang pusaka keraton.

Acara kirab 1 Sura juga diikuti oleh masyarakat sekitar yang turut serta dalam menyaksikan keindahan dan kemegahan tradisi Jawa yang masih terjaga hingga saat ini. Selain itu, kirab 1 Sura juga diisi dengan berbagai atraksi seni tradisional seperti tari-tarian, wayang kulit, dan musik gamelan yang semakin memperkaya pengalaman budaya para penonton.

Kirab 1 Sura bukan hanya sekedar acara tradisional biasa, namun juga merupakan wujud dari keberagaman budaya dan kekayaan warisan leluhur yang harus dilestarikan dan dijaga. Melalui kirab 1 Sura, generasi muda diharapkan dapat lebih menghargai dan melestarikan budaya Jawa yang kaya akan nilai-nilai kearifan lokal.

Dengan mengikuti kirab 1 Sura, kita dapat lebih memahami dan menghargai warisan budaya nenek moyang yang telah diwariskan kepada kita. Semoga kirab 1 Sura di Pura Mangkunegaran Surakarta dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan dan budaya masyarakat Jawa.