Sandiaga: Jamu berkontribusi bagi pariwisata dan ekonomi

travel May 28, 2024

Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, baru-baru ini mengungkapkan bahwa jamu memiliki potensi besar untuk berkontribusi bagi pariwisata dan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan jamu merupakan salah satu produk tradisional Indonesia yang memiliki nilai budaya tinggi dan telah dikenal luas baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut Sandiaga, jamu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Mereka tertarik untuk mencoba jamu karena selain memiliki khasiat untuk kesehatan, jamu juga menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Dengan memperkenalkan jamu kepada wisatawan mancanegara, Indonesia dapat meningkatkan promosi pariwisata dan memperluas pasar untuk produk jamu.

Selain itu, Sandiaga juga menyoroti potensi ekonomi yang dimiliki oleh industri jamu. Dengan meningkatkan produksi dan pemasaran jamu, Indonesia dapat meningkatkan pendapatan dari sektor ini dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Sandiaga juga berharap agar para pelaku usaha jamu dapat meningkatkan kualitas produk mereka agar dapat bersaing di pasar global.

Dalam upaya untuk memajukan industri jamu, Sandiaga mengajak para pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam mengembangkan produk jamu yang berkualitas dan dapat memenuhi standar internasional. Selain itu, Sandiaga juga berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para pelaku usaha jamu melalui program-program pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam mengelola usaha jamu.

Dengan potensi yang dimiliki oleh jamu, Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan industri jamu menjadi salah satu sektor unggulan yang dapat memberikan kontribusi bagi pariwisata dan ekonomi. Melalui kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, Indonesia dapat memperkuat posisinya sebagai negara penghasil jamu terbesar di dunia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan industri jamu yang berkelanjutan.