Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

kuliner Jul 9, 2024

Soda kue dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Meskipun keduanya digunakan untuk mengembangkan adonan, mereka memiliki perbedaan yang penting.

Soda kue, atau biasa disebut sebagai baking soda, adalah senyawa kimia yang bersifat basa. Soda kue akan bereaksi dengan asam dalam adonan, menghasilkan gas karbon dioksida yang membantu adonan mengembang. Soda kue umumnya digunakan dalam adonan yang mengandung asam, seperti kue buah atau kue coklat. Namun, soda kue harus digunakan dengan hati-hati karena jika digunakan terlalu banyak atau tidak seimbang dengan asam dalam adonan, dapat meninggalkan rasa yang tidak enak pada kue.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara soda kue dan asam tertentu yang telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat memberikan hasil yang lebih konsisten. Baking powder dapat digunakan dalam adonan yang tidak mengandung asam, seperti kue vanilla atau roti biasa. Baking powder juga tersedia dalam dua jenis, yaitu single-acting dan double-acting. Single-acting baking powder akan bereaksi ketika terkena cairan, sedangkan double-acting baking powder akan bereaksi dua kali, sekali ketika terkena cairan dan sekali lagi ketika dipanaskan.

Jadi, meskipun keduanya memiliki fungsi yang mirip, soda kue dan baking powder memiliki perbedaan dalam hal komposisi dan cara kerja. Penting bagi para pembuat kue dan roti untuk memahami perbedaan ini agar dapat menghasilkan hasil akhir yang sempurna. Jadi, cobalah untuk menggunakan kedua bahan ini dengan bijak dan sesuai dengan resep yang Anda gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para pecinta baking!