Survei: Berlibur ke luar kota lebih diminati ketimbang “staycation”

travel Jun 28, 2024

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset terkemuka, ternyata berlibur ke luar kota lebih diminati oleh masyarakat Indonesia ketimbang “staycation” di dalam kota. Survei yang dilakukan terhadap 1000 responden ini menunjukkan bahwa sebanyak 70% dari mereka lebih memilih untuk berlibur ke destinasi luar kota, sementara hanya 30% yang memilih untuk tinggal di dalam kota.

Alasan utama yang menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih berlibur ke luar kota adalah untuk mencari pengalaman baru dan melarikan diri dari kegiatan sehari-hari yang monoton. Destinasi wisata luar kota seperti pantai, gunung, dan tempat bersejarah menjadi pilihan favorit bagi para responden. Mereka menganggap bahwa liburan di luar kota dapat memberikan suasana yang berbeda dan menyegarkan pikiran.

Di sisi lain, ada juga sebagian kecil responden yang memilih untuk melakukan “staycation” di dalam kota. Alasan utama yang mereka sebutkan adalah untuk menghemat biaya dan waktu perjalanan. Mereka lebih memilih untuk menikmati waktu bersantai di hotel atau apartemen di kota mereka sendiri, tanpa harus repot dengan perjalanan jauh.

Meskipun demikian, mayoritas masyarakat tetap lebih tertarik untuk berlibur ke luar kota. Hal ini juga sejalan dengan perkembangan pariwisata di Indonesia yang terus berkembang pesat. Banyak destinasi wisata di luar kota yang menawarkan pengalaman yang unik dan menarik bagi para wisatawan.

Dengan demikian, berlibur ke luar kota memang menjadi pilihan yang lebih diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun, tidak ada yang salah dengan memilih untuk melakukan “staycation” di dalam kota. Yang terpenting adalah dapat menikmati waktu luang dengan cara yang paling menyenangkan dan bermanfaat bagi diri sendiri.