Tips aman dari copet saat bepergian ke luar negeri

travel Jul 4, 2024

Saat bepergian ke luar negeri, kita harus selalu waspada dengan keberadaan copet atau pencopet. Mereka seringkali memanfaatkan situasi keadaan yang ramai dan kacau untuk melakukan aksinya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu waspada dan mengikuti tips-tips aman berikut ini saat bepergian ke luar negeri:

1. Jaga barang berharga dengan baik
Selalu pastikan untuk selalu menjaga barang berharga seperti dompet, handphone, paspor, dan tiket perjalanan dengan baik. Jangan biarkan barang-barang berharga tersebut terpajang secara terbuka dan mudah dijangkau oleh orang lain.

2. Gunakan tas anti-copot
Pilihlah tas yang sulit untuk dibuka oleh orang lain, misalnya dengan menggunakan tas dengan resleting yang bisa dikunci atau tas dengan tali yang dapat diikat di sekitar tubuh.

3. Hindari tempat-tempat yang ramai dan kacau
Hindari tempat-tempat yang ramai dan kacau seperti pasar atau pusat perbelanjaan pada saat jam sibuk. Copet seringkali memanfaatkan situasi keadaan yang ramai untuk melakukan aksinya.

4. Jangan menarik perhatian
Jangan menarik perhatian orang lain dengan barang-barang berharga atau uang tunai yang terlalu banyak. Cobalah untuk tetap low profile dan berpenampilan sederhana agar tidak menjadi target empuk bagi copet.

5. Waspadai modus penipuan
Selalu waspada terhadap modus penipuan yang sering digunakan oleh copet, misalnya dengan mengalihkan perhatian atau meminta bantuan untuk menunjukkan arah. Jangan mudah percaya pada orang asing yang tiba-tiba saja memberikan bantuan atau informasi.

Dengan mengikuti tips-tips aman di atas, diharapkan kita dapat terhindar dari aksi pencopetan saat bepergian ke luar negeri. Selalu ingat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menjaga barang-barang berharga kita. Semoga perjalanan kita selalu aman dan nyaman!